Pengenalan Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi Web
          Yang dimaksud dengan aplikasi Web atau aplikasi berbasis Web (Web-based application) adalah program yang menggunakan HTTP sebagai protokol komunikasi dan menyampaikan informasi berbasis Web kepada pemakai dalam bentuk HTML. Pertama kali aplikasi Web dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut HTML (HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah script dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan
HTML. Pada saat ini, banyak script  seperti itu; antara lain yaitu PHP dan ASP, sedangkan contoh yang berupa objek antara lain adalah applet (Java).
          Aplikasi Web sendiri dapat dibagi menjadi :
1.    Web Statis
2.    Web Dinamis
          Web Statis adalah web yang berisi/menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap). Web statis dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus-menerus untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemahan ini dapat diatasi dengan model aplikasi web dinamis.
          Web dinamis adalah web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan user yang sifatnya dinamis. Untuk membuat web dinamis dibutuhkan kemampuan pemrograman web. Dalam pemrograman web ada dua jenis bahasa programing yang digunakan, yaitu :
1.                            Client-side Programing
2.                            Server-side Programing
          Pemrograman Client-side Programing berarti perintah program dijalankan langsung di web browser. Jadi ketika client meminta dokumen atau informasi yang berisi script, maka script tersebut akan di-download dari server-nya kemudian dijalankan di browser web yang bersangkutan. Sedangkan pada pemrograman Server-
side, perintah-perintah program (script) akan dijalankan di web server, kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam bentuk HTML biasa. Keuntungan pemrograman Server-side adalah :
1.    Mengurangi lalu lintas jaringan dengan cara menghindari percakapan bolak balik antara klien dan server.
2.    Mengurangi waktu pembuatan kode, mengingat klien hanya mengambil kode HTML saja.
3.    Mencegah masalah  browser yang tidak kompatibel.
4.    Klien dapat berinteraksi dengan data yang ada pada server.
5.    Mencegah klien mengetahui rahasia kode (mengingat kode yang diberikan ke klien berbeda dengan kode asli pada server).

          Program web yang dikategorikan Client-side seperti: JavaScript, VbScript, HTML. Sedangkan yang dikategorikan sebagai Server-side yaitu PHP, ASP, CFM dan CGI/Perl. Adapun kelebihan dari aplikasi berbasis web adalah sebagai berikut:
1.    Tidak perlu menginstall program apapun.
Satu-satunya program yang diperlukan adalah browser, yang pasti sudah tersedia langsung di dalam sistem operasi. Tentu ini akan memudahkan pengguna karena tidak perlu lagi repot-repot menginstall untuk menggunakan suatu aplikasi. Keuntungan ini terutama sangat terasa di lingkungan yang menggunakan banyak komputer. Kalau sebelumnya aplikasi tersebut harus diinstall satu per satu di semua komputer yang digunakan, sekarang tidak ada apa-apa lagi yang perlu diinstall.
2.    Pengguna secara otomatis selalu mendapatkan versi terbaru.
Karena aplikasi tersebut terpasang di server internet, maka aplikasinya dapat diperbaharui terus menerus. Begitu pengguna mengakses aplikasi itu, yang didapatkan pasti adalah versi terbaru. Pengguna tidak perlu lagi melakukan upgrade, menginstall service pack, maupun berbagai hal lainnya yang merepotkan.
3.    Bisa diakses dari mana saja.
Karena terpasang di server internet, maka aplikasi tersebut bisa diakses dari mana saja dan dengan komputer apa saja.
4.    Bisa digunakan pada sistem operasi apapun.
Karena berbasis Internet dan diakses melalui browser, maka pengguna bisa mengakses aplikasi tersebut dengan sistem operasi apa pun. Baik menggunakan Linux, Windows atau Mac OS, atau yang lainnya, hanya perlu menggunakan browser dan aplikasi itu akan berjalan dengan sempurna. 
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
April 4, 2022 at 8:15 AM ×

Pengenalan Aplikasi Berbasis Web ~ Drzero - C >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengenalan Aplikasi Berbasis Web ~ Drzero - C >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengenalan Aplikasi Berbasis Web ~ Drzero - C >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK Co

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment