Pengenalan Web Server

Web Server
          Web Server adalah merupakan suatu server internet yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani semua proses pentransferan data. Web server adalah server yang melayani permintaan klien terhadap halaman Web. Server adalah suatu aplikasi yang menyediakan informasi atau pelayanan berdasarkan permintaan dari browser.
          Server web biasanya menjalankan program server yang merupakan suatu interface atau server dan aplikasi web.  Program server diminta oleh server web untuk melakukan proses tertentu dalam aplikasi web, kemudian menghasilkan suatu dokumen HTML murni (plain HTML file) yang diberikan kepada client (browser). Beberapa program server yang terkenal antara lain: Apache, IIS (Internet Information Server), dan PWS (Personal Web Server).

          Pada dasarnya, aplikasi web sama seperti file HTML, berisi teks atau tag-tag HTML. Tetapi aplikasi web umumnya berisi script yang dipersiapkan untuk dieksekusi diserver dan memiliki ekstensi file tertentu, bukan ekstensi .html atau .htm. Aplikasi web dihasilkan dengan web programming server-side, dimana ketika user memberikan request pada browser sebuah file aplikasi web ini, maka program server akan membaca file tersebut dan mengeksekusi script yang ada di dalam file tersebut. Setelah selesai, hasil eksekusi akan diberikan kepada browser sebagai file HTML murni. Sehingga pada sisi klien, user tidak melihat script aplikasi web yang di requestnya, tetapi hanya kode-kode HTML biasa.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment